Pages

Jumat, 25 Juni 2010

kumpulan soal

kumpulan soal sejarah

1. Mengapa sampai dibuat Paleografi tujuh buah rasai pada abad ke-5 di kerajaan kutai pada saat itu?
Jawab:Paleografi tujuh prasasti di keajaan kutai bertujuan untuk mengabadikan peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi di kerjaan kutai pada saat itu.
Contohnya:Prasasti kutai yang menjelaskan tentang upacara pemberian 20.000 ekor sapi kepada pendeta dari India .
2. Mengapa teka-teki dapat menjadi sarana dalam menemukan jejak sejarah Indonesia?
Jawab:karena pada saat itu teka-teki dijadikan sarana untuk mengasah pikiran dan kemampuan menebak sesuatu yang muncul secara spontan.Teka teki merupakan bagian dari foklor.
3. Megnapa pendapat para sejarawan terhadap suatu peristiwa yang sama selalu berbeda?
Jawab:karena sumber dan bukti yang mereka temukan berbeda sehingga mereka memiliki pandangan yang berbeda pula.
4. Dapatkah folklore dijadikan sebagai sumber sejarah modern?
Jawab:seperti yang kita ketahui ada 3 bentuk yaitu:
a.folklore lisan yang bentuk murni lisan seperti bahasa rakyat ,ungkapan tradisional(peribahasa,pepatah,dan pameo),pertanyaan tradisional ,puisi dan nyanyian rakyat.
5. Bagaimanakah pengaruh adanya zaman glasial dan intrglasial pada zaman pleistosein terhadap manusia purba ?
Jawab: a.zaman glasial adalah meluasnya lapisan es di kutub bumi
b.zaman interglasial adalah saat ketika es kembali mencair
Pengaruhnya terhadap kehidupan manusia purba pada saat itu yaitu:
a.banyak terjadi perubahan cuaca dan suhu di kutub yang sangat extreme
b.sultnya mereka mendapatkan bahan makanan dengan perlatan yang sangat sederhana.



1. Sebutkan zaman prasejarah menurut proses terbentuknya bumi?
Jawab:
 Zaman archaekum yaitu masa ketika bmi masih dalam wujud gas
 Zaman palaezoikum masa ketika telah terbentuk namun belum sempurna
 Zaman nesozoikum masa ketika bumi dipadat dengan bnyk hewan-hewan besar
 Zaman neozoikum masa ketika bumi dalam keadaa sempurna sperti saat ini

2. Kriteria apa saja sehingga peristiwa itu dapat dijadikan peristiwa bersejarah?
• Peristiwa itu benar benar terjadi pada masa lampau
• Peristiwa itu berdampak luas
• Peristiwa itu hanya terjadi satu kali dan jika berulang peristiwanya tidak akan sama
• Memenuhi criteria sejarah yaitu:
 Kronik(umpulan cerita)
 Kronologi(jangka waktu yang pendek)
 Historiografi(proses penulisan sejarah)
 Periodisasi

3. Apakah yang dimaksud zaman batu muda dan cirinya?
Jawab:Neolitikum adalah zaman dimana alat alat kehidupan manusia terbuat dari batu yang sudah sangat halus.
Cirinya:
 Hidup sudah menetap pada suatu tempat
 Peralatan yang digunakan sudah sangat halus
 Bercocok dan beternak tanam untuk memenhi kebutuhannya
4. Apakah kisa amartamentana dapat dijadikan peristiwa bersejarah?
Jawab:TIDAK,karena kisah ini tergolong folklore dalam bentuk mitos sehingga tidak dapat dijadikan sebagai landasan sejarah.Pada dewasa ini kisah tersebut tidak lgis namun pada saat itu masyarakat yang tinggal di daerah gunung semeru menganggap itu benar karena gunung seeru mereka sucikan.
5. Mengapa alat yang terbuat dari besi,kayu dan tulang tak memberi gambaran kegunaannya pada saat itu?
Jawab:karena benda itu mudah lapuk termakan usia sehingga tidak banyak memberi informasi beda halnya dengan benda yang terbuat dari perunggu,logam,dan batu sampai saat ini masih bias ditemukan(Menhir,Nekara,dll.)


1. Mengapa dalam menyusun sebuah sejarah para ahi mengemukakan pendapat yang berbeda?
Jawab: karena sumber dan bukti yang mereka temukan berbeda sehingga mereka memiliki pandangan yang berbeda pula
2. Pada masa dan kitab apa terdapat istilah ‘Bineka tunggal ika’ yang merupakan semboyan bangsa Indonesia?
Jawab:Pada masa Kerajaan Maja Pahit kuno yang berada pada kitab sutasoma karya Mpu Tantular
3. Apa latar belakang Airlangga membagi Mataram kuno menjadi dua dan apa dampakny?
Jawab:Pada tahun 1049 M Airlangga meninggal.Ia membagi.Ia ingin mewariskan kerajaannya kepada putrinya yang bernama Sangrama Wijaya tunggadewi tetapi putrinya itu tidak mau karena dia ingin menjadi seorang petapa.Kemudian airlangga memberikan tahtanya kepada kedua anak tirinya.
Jadi,latar belakang Airlangga membagi kerajaan mataram kuno menjadi dua agar tidak terjadi perang saudara antara kedua anaknya.Mpu Baradah membantu dalam pembagian kedua kerajaan ini dengan cara ia terbang kelangit membawa kendi berisi air kemudian kendi itu dijatuhkan ke tanah sehingga berubah menjadi aliran sungai yang menjadi batas kerajannya.yaitu:
1.Kerajaan junggala dengan ibukotanya Kahuripan
2.Kerajaan kediri dengan ibukota Daha

4. Apa alasan Mpu sindok memindahkan pusat pemerintahan dari jawa tengah ke jawa tiimur?
Jawab:Alasan Mpu sindok memindahkan pusat pemerintahanna karena suasana polititk dan keamanan yang sedang kacau.Dengan kepindahan kerajaan mataram kuno maka berakhir pula masa kekuasaan Dinasty Sanjaya sekaligus merintis berdirinya pusat-pusat kerajaan di Jawa Timur.
5. Mengapa sejarah lisan tidak digolongkan kedalam sejarah tulisan,padahal kalau kita mewawancarai seseorang tentang sejarah lisan pasti kita menuangkannya kedalam tulisan?
Jawab:karena para sejarawan membedakan sejarah lisan dan tulisan berdasarkan sumbernya.Jika sejarah lisan digolongkan kedalam sejarah tulisan maka sejarah ini tidak memiliki bukti ang valid karena besal dari wacana seseorang maupun kelompok. Contohnya:Dongeng,Legenda,Mitos,dan cerita rakyat


1. Dalam historiografi tradisional ada unsure-unsur yang tak dapat lepas yaitu sebagai karya imajinatif & sebagai karya mitologi.Bisakah anda jelaskan apa itu karya imajinatif & mitologi dan berikan contohnya?
Jawab:
 Imajinatif adalah khayalan seseorang tentang suatu hal yang terjadi hanya dalam benaknya tapi tidak terjadi secara langsung.Jadi,karya imajinatif adalah karya yang dibuat berdasarkan imajinasi seseorang tentang suatu hal ang ada didalam benaknya Misalnya: Dongeng rakyat makassar yang pernah mendarat dibulan,seperti babad dan hikayat
 Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci,kehidupan para dewa & makhluk gaib di alam yang berbeda.Jadi,karya mitologi adalah karya yang mengandung unsur tentang dongeng suci,kehiupan para dewa & mahkluk gaib di alam yang berbeda.
2. Mengapa sampai dibuat paleografi tujuh buah prasati pada abad kelima di kerajaan kutai?
Jawab:Agar generasi yang akan datang dapat mengetahuimperisiwa tersebut dimana Raja Mulawarman dibuat tujuh buah prasati yang ditulis dalam bahasa sansekerta dan huruf pallawa yang menceritakan tentang persembahan 20000 ekor sapi oleh Raja Kutai kepada pendeta dari India untuk melakukan upacara sebagaintanda terima kasih.
3. Jelaskan apa,bagaimana,kapan,dan dimana digunakan sarkofagus?
Jawab:Sarkoagus adalah peti jenasah yang terbuat dari batu bulat.Berbentuk seperti goa dari batu,batu bulat tunggal,ada yang memiliki kepala kecil pada atasnya,dan lain sebagainya dengan ukuran yang ralatif besar dan digunakan untuk sebagai tempat penyimpanan mayat dan dianggap keramat serta memiliki kekuatan magis.Sarkofagus kebanyakan digunakan di daerah Sulawesi,Bali,& Sumbawa.
4. Apa kegunaan & fungsi Nekara?
Jawab:Nekara digunakan di Bali yang biasa sebagai ‘Buleng Pajeng’,dipuja oleh masyarakat dan dianggap suci.Nekara juga berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk memohon turunya hujan dan sebagai gendering perang.Nekara dipukul sekuat tenaga karena semakin keras pukulan Nekara maka semakin bersemangat para prajurit untuk berperng begitu pun sebalikny.
5. Mengapa dalam gua biasanya terdapat luukisan purba?Bagaimana cara mereka membuatnya ditempat yang gelap dan tinggi?
Jawab:Mereka melukis di gua-gua untuk menampaikan informasi yang bersifat tahan lama karena mereka telah mengenal cara agar lukisan mereka tetap awet.Mereka juga melukis didinding goa mencatat kisah mereka ,hasil berburu dan menandai tempat tinggal mereka.
Mereka melukis dengan cara ang sederhana menggunakan arang,kapur,& bahan lainnya.Cara yang paling popular adalah dengan menempelkan tangannya kedinding gua lalu menyemburkannya dengan kunyahan daun-daun/batu mineral berwarna.mereka menggunakan obor untuk melukis ditempat yang tinggi dan gelap.

KELOMPOK KAMI (V)
1. Jelaskan apa itu sejarah lokal,geografi,ketatanegaraan,dan politik pemerintahan!!!
Jawab:
 Sejarah lokal adalah bidang kajian mengenai masa lalu dari suatu kelompok atau masyarakat yang mendiami unit wilayah yang terbatas.
 Sejarah geografi adalah ilmu tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
 Sejarah ketatanegaraan adalah ilm yang menyangkut birokrasi dan administrasi
 Sejarah politik ilmu yang menyangkut bagaimana cara memperoleh kekuasaan

2. Mengapa di gua-gua prasejarah biasanya banyak terdapat kerang-kerang dan tulang belulang yang berserakan dan mengapa manusia prasejarah membuat lukisan tangan di dinding gua itu?
Jawab: kerang-kerang itu merupakan sampah dapur atau mungkin daerah itu pernah tenggelam oleh air laut.Tulang belulang yang berserakan itu merupakan bukti hasil buruan yang menandakan banyak sedikitnya populasi hewan di daerah itu.Mereka melukis di gua sebagai sarana untuk mengekspresikan diri mereka dan yang paling utama untuk menyampaikan informasi karena mereka belum mengenal kertas apalagi media elektronik yang bersifat tahan lama serta untuk mencatat kisah mereka,hasil buruan mereka dan untuk menandai tempat tinggal mereka.
3. Mengapa pendapat yang dikemukakan oleh para sejrawan berbeda-beda dengan suatu peritiwa dan sumber yang sama?
Jawab: peristiwa bersejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu,maka para sejarawan tidak melihat peristiwa itu secara langsung tapi,mereka mendapat informasi dari saksi mata maupun benda kuno dan semua informasi yang diperoleh antara sejarawan dengan yang lainnya itu berbeda atau pun sama tetapi pandangan mereka terhadap suatu hal selalu berbeda karena mereka hanya melihat eristiwa itu dari sisi yang berbeda.
4. Apa yang dilakukan para ahli dalam menelusuri jejak-jejak sejarah,jelaskan?
Jawab: dengan cara melakukan berbagai penelitian di berbagai daerah/tempat di seluruh dunia dan mengumpulkan data dan informasi.
Mengumpulkan bukti maupun sumber-sumber sejarah untuk memperkuat keaslian serta kredibilitas bukti,sumber,dan data yang telah di peroleh.
5. Apakah generasi muda pada saat ini masih peduli terhadap tradisi leluhurnya.jelaskan dan berikan contohnya?
Jawab: akibat pengaruh globalisasi pemuda saat ini sebagian merasa malu jika bergelut dengan kebudayaan leluhurnya.menurut mereka pemuda yang peduli terhadap tradisi leluhurnya dianggap katro atau wong deso.makanya saat ini jumlah pemuda yang peduli terhadap tradisi leluhurnya sangat sedikit.Namun,hal tersebut kemdali pada pribadi masing-masing para pemuda.
Conthnya: Pada daerah Segeri di kabupaten pangkep ada sebuah tarian leluhur yang bernama “Ma’Bissu” yang merupakan budaya asli masyarakat Pangkep yang coba untuk dilestarikan agar tidak lekang oleh waktu.













________________________________________











OLEH:

RIFALDI EKA SAPUTRA





________________________________________

0 komentar:

Posting Komentar